>Perbedaan Platform dengan Sistem Operasi

>

Platform sendiri menurut Wikipedia   merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (termasuk kerangka kerja aplikasi)  Kombinasi tersebut memungkikan sebuah perangkat lunak, khusus perangkat lunak aplikasi, dapat berjalan. Platform yang umum sudah menyertakan arsitektur,sistem operasi, bahasa pemrograman dan antarmuka yang terkait (pustaka sistem runtime atau antarmuka pengguna grafis) untuk komputer.

Sedangkan Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Makna Platform dalam konteks aplikasi komputer secara praktis maksudnya adalah Sistem Operasi tempat sebuah aplikasi di operasikan. Dengan kata lain, platform adalah lingkungan terpadu yang mendukung dijalankannya sebuah aplikasi. Misalnya Microsoft menciptakan aplikasi Microsoft Office yang berjalan di dalam lingkungan (platform) Windows. Karena Ms. Office dibuat hanya diperuntukkan untuk lingkungan windows, tentu saja aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan di lingkungan Macintosh, atau GNU/Linux. 

Platform dapat dibayangkan seperti sebuah lingkungan tempat sebuah aplikasi diciptakan. Aplikasi tersebut dapat berjalan dengan regulasi/peraturan yang dibuat oleh Sistem Operasi. Fasilitas seperti Windows Registry, atau ActiveX Object hanya ada di dalam lingkungan windows milik microsoft. Jika aplikasi tersebut berpindah lingkungan seperti Mac, atau GNU/LINUX operasinya akan error berantakan dan tidak dapat berjalan seperti seharusnya.
Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *